Lokasi Apartemen yang Baik Itu Seperti Apa

Lokasi Apartemen yang Baik Itu Seperti Apa – Dalam berburu properti, ada yang lebih penting dari harga. Yaitu; lokasi. Harga boleh saja murah. Tapi kalau lokasinya mati, duit Anda akan terpendam di sana. Properti kalau sudah “mati”, susah mau buat apa. Dijual enggak laku, ditinggali pun keluarga bisa tidak betah tinggal di sana, kalau sendirian tidak punya tetangga? Karena itu, perhitungkan lokasi dengan cermat.

Untungnya, rusunami alias apartemen bersubsidi umumnya memilih lokasi yang bagus. Lokasi-lokasi yang akan berkembang di masa mendatang. Mungkin yang sedikit berbeda adalah tingkat pertumbuhannya. Ada yang berada di kawasan yang sangat cepat perkembangannya, ada pula yang relatif lebih lambat.

Pasukan Synergy

Jika Anda memilih lokasi yang tepat, harga properti Anda akan melonjak sampai tiga kali lipat dalam waktu lima tahun. Tapi jika memilih lokasi yang salah dalam tempo yang sama harganya justru menurun.

Tapi jangan buru-buru menganggap investasi properti itu spekulasi semata. Sebab lokasi yang buruk sekalipun, bisa memberikan kenaikan ekuitas yang lumayan dalam jangka lebih panjang. Kalau Anda punya tanah, di lokasi mana pun, pasti harganya akan terkerek naik berlipat ganda dalam tempo 30 tahun

Jadi, lokasi yang tepat akan mempercepat Anda memperoleh imbal hasil yang lumayan gede. Sementara lokasi yang buruk hanya memperlambat beranak-pinaknya uang Anda.

Lokasi yang Baik Itu Seperti Apa?

Dalam menentukan lokasi, seringkali kita bersikap subjektif. Misalnya, karena kita sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di Jakarta Barat maka kita cenderung memilih lokasi yang sama. Padahal mungkin kawasan Jakarta Selatan memiliki potensi perkembangan yang sangat baik dibandingkan Jakarta Barat.

Subyektivitas tidak hanya mengenai lokasi. Tetapi juga model arsitektur. Mungkin ada di antara kita yang tidak menyukai desain modern minimalis. Kesannya terlalu kaku, dan tidak banyak ornamen. Tapi suka atau tidak suka, properti dengan model minimalis adalah yang paling laku saat ini. Dengan luasan yang sama, rumah bergaya minimalis bisa laku lebih mahal dibandingkan gaya mediterania

Pasukan Synergy

Kadang-kadang subjektivitas itu merugikan. Usahakan agar tidak memilih lokasi yang Anda sukai dan menghindari lokasi yang tidak Anda sukai. Yang harus dipegang adalah lokasi yang paling cepat naik harganya. Tentu ada unsur spekulasi. Namun unsur spekulasi itu bisa dikurangi dengan memahami data-data statistik dan demografis yang ada

Tentu saja, tips di atas hanya berlaku apabila Anda berniat membeli properti untuk disewakan atau sebagai investasi. Kalau Anda berniat membeli untuk dipakai subjektivitas adalah faktor penting, walaupun bukan satu-satunya. Jika akan dihuni sendiri pilihlah lokasi yang Anda merasa paling nyaman dan betah tinggal di sana. Perhitungkan perubahan selera diri Anda sendiri di masa depan.

Sebelum memutuskan, pertimbangkan dengan cermat lokasi mana yang ideal untuk Anda. Jangan terpengaruh orang lain, sebab hanya diri Anda sendiri yang paling tahu kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin membeli apartemen bersubsidi untuk dipakai sendiri, perhitungkan hal-hal berikut :

  1. Luasan apartemen harus sesuai dengan kebutuhan keluarga. Tidak terlalu kecil, jangan pula terlalu besar. Terlalu kecil akan membelenggu ruang gerak, sedangkan terlalu besar berarti mengeluarkan biaya yang tidak perlu.
  2. Lokasi harus dekat dengan tempat kerja suami dan istri. Ingat bahwa tujuan utama membeli apartemen bersubsidi adalah untuk menghemat waktu dan biaya perjalanan dari rumah ke kantor.
  3. Lokasi juga harus dekat dengan tempat sekolah anak-anak.
  4. Dekat dengan fasilitas dan sarana kepentingan umum. Misalnya rumah sakit, tempat ibadah, jalan tol, bank, pusat perbelanjaan, sarana hiburan, akses angkutan umum, dan lain-lain.
  5. Usahakan memilih lokasi yang bebas banjir dan bebas macet. Ini sulit, tapi upayakan semaksimal mungkin. Kalau banjir dan kemacetan tidak bisa dihindarkan, carilah siasat untuk mengatasinya.
  6. Tanyakan kepada pengembang mengenai orang-orang yang membeli unit apartemen di sekitar Anda. Merekalah calon tetangga Anda. Pahami karakter mereka berdasarkan atribut-atribut kesukuan, tingkat ekonomi, pekerjaan, dan lain-lain. Upayakan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru terutama dengan orang-orangnya.

Demikian info tentang Lokasi Apartemen yang Baik Itu Seperti Apa semoga bermanfaat.

sumber: Beli Apartemen Pakai Duit Orang Lain, William Tanuwidjaja

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas
Share