Atap Pelindung Rumah Pemberi Kenyamanan

Atap Pelindung Rumah Pemberi Kenyamanan – Atap merupakan bagian yang paling penting dari sebuah rumah. Rumah tanpa atap sama artinya rumah tersebut belum layak huni karena pemilik rumah tidak terlindungi dari gangguan seperti debu atau daun bertebaran maupun cuaca hujan dan panas.

Pasukan Synergy

Sebagai penutup seluruh bangunan rumah, material atap yang dipakai haruslah kuat, terutama tahan terhadap perubahan cuaca. Banyak jenis bahan atap yang tersedia dan dapat dipilih. Hanya saja dalam pemilihannya mengutamakan fungsi, kualitas dan kenyamanan bagi seisi rumah. Di antaranya atap berbahan sirap/kayu ulin. Jenis ini lebih sering digunakan untuk atap pendopo namun rumah hunian dapat pula menggunakannya.

Kelebihan dari atap sirap memiliki ragam warna, lebar, ketebalan serta potongan yang lebih unik sehingga memberikan kesejukan dan memberikan sirkulasi yang baik. Kekurangannya harganya lebih mahal, butuh ketelitian dalam pemasangannya, bahan susah didapat serta dalam perawatannya harus rutin dan teliti.

Ada pula atap berbentuk genteng yang terbuat dari tanah liat, beton, metal atau seng, serat fiber semen atau asbes dan kaca. Atap jenis ini yang sering dipakai di setiap rumah ataupun perumahan. Kelebihannya lebih awet, bentuknya maupun warnanya bervariasi serta perawatannya lebih mudah. Namun ada kekurangannya sesuai dengan jenis bahan genteng. Seperti genteng dari tanah liat rentan pecah atau terbelah, jika lama dipakai warna genteng akan menjadi kurang menarik yaitu kehitaman, pemasangannya perlu dilapisi kayu penyangga serta bobotnya yang berat.

Pasukan Synergy

Atap genteng bahan beton memiliki berat yang lebih berat dan harganya lebih mahal. Atap genteng berbahan metal harganya juga lebih mahal karena terbuat dari bahan logam antikarat. Atap genteng dari seng, penampilannya kurang menarik dan lebar, bila panas akan membuat penghuninya kepanasan, mudah sekali rusak akibat berkarat. Sedangkan atap genteng asbes mudah retak bila terinjak sehingga perlu segera menggantinya, serat asbes bila telah lama mudah lepas dan beterbangan bahkan dapat membahayakan kesehatan yaitu penyakit kanker paru-paru.

Selain jenis atap sirap dan atap genteng, ada pula atap ijuk yang berasal dari daun tanaman aren. Kelebihannya memberikan kesan alami dan kesejukan, namun ketika musim hujan mudah bocor dan membutuhkan proses yang terlalu lama dalam menggantinya. Demikian halnya jenis atap rumbia yaitu daun yang ditata menjadi atap rumah. Meskipun atap rumbia memberikan nuansa tradisional serta biaya yang murah, atap jenis ini hanya bisa diterapkan ketika cuaca panas sehingga tidak mampu bertahan lama karena mudah bocor bila terkena hujan.

Meskipun banyak ragam jenisnya, pemilik rumah tidak boleh gegabah dalam memilih jenis atap rumah. Aspek yang pertama dalam memilih atap yaitu kondisi cuaca dan suhu di sekitar rumah. Jenis bahan atap yang tepat diterapkan serta keawetan dipengaruhi keadaan cuaca di daerah yang ditinggali. Sebagai contoh bila tinggal di daerah yang tinggi, bahan genteng tanah liat kurang cocok karena udara dingin tersebut lebih terasa. Berbeda bila memilih atap genteng seng yang akan lebih memuat hunian lebih hangat karena mudah menyerap sinar matahari.

Aspek kedua ialah kesesuaian atap dengan konstruksi atap. Artinya atap yang dipilih harus sesuai dengan model rumah dan ukuran rumah. Keserasian sangat penting agar rumah terlihat lebih menarik. Selain itu dengan mempertimbangkan aspek konstruksi rumah seperti kerangka atap dapat menopang beban atap sehingga menjaga keamanan penghuninya.

Selanjutnya aspek yang ketiga yaitu instalasi atap. Ada bahan atap yang mudah dipasang, namun ada pula atap yang sulit dipasang. Jika pemilik rumah ingin memasangnya sendiri dapat memilih bahan atap yang mudah dipasang, seperti jenis atap genteng. Namun, bila tidak memungkinkan untuk memasangnya sendiri, alangkah baiknya memakai tenaga ahli yang sudah mengetahui prosedur dalam pemasangan yang baik dan benar.

Aspek keempat adalah ketebalan bahan atap. Bahan atap memiliki ketebalan berbeda-beda sesuai jenis atapnya. Ketebalan atap menentukan ketahanan pemakaian atap. Semakin tebal bahan atap yang dipilih, semakin lama pemakaiannya. Pilihlah ketebalan bahan yang lebih sesuai dengan kondisi rumah yang ada sehingga nyaman dipandang.

Mutu dan kualitas ialah aspek yang kelima. Aspek mutu artinya jenis atap tersebut mampu bertahan lama sehingga nantinya tidak keluar begitu banyak biaya hanya karena kesalahan dalam pemilihan atap. Demikian pula kualitas, kualitas bahan yang rendah akan menjadikan atap tersebut mudah rusak dan keluar banyak biaya untuk menggantinya. Agar terjamin mutu dan kualitas saat membeli atap, alangkah baiknya memilih atap yang memiliki garansi produk.

Harga merupakan aspek selanjutnya. Harga berkaitan dengan jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian atap. Harga jenis atap berbeda-beda. Sebelum memilih jenis atap, tanyakan pula harganya dan sesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada. Untuk menghemat pengeluaran, pilih barang yang bagus tetapi harganya terjangkau.

Terakhir adalah pemeliharaan atap. Setelah memasang atap, bukan berarti mengabaikan dalam perawatan. Perawatan mulai dari mengecek atap yang terlepas, pecah, bocor ataupun lapuk, kerusakan atau hilangnya material penutup atap, pertumbuhan jamur maupun bekas rembesan basah. Semakin awal mengetahui kerusakan yang terjadi semakin cepat dalam memperbaikinya sehingga tidak mengeluarkan begitu banyak biaya. Tidak perlu mengecek keadaan atap setiap hari, cukup sebulan sekali atau 2-3 kali dalam setahun pengecekan dapat dilakukan agar keadaan atap rumah tetap terjaga dengan baik.

Dengan pemilihan atap yang tepat dan selalu melakukan perawatan berkala, kehadiran atap rumah akan membuat hunian terjaga dalam kenyamanannya serta menambah keindahan eksterior rumah.

Demikian tips properti tentang Atap Pelindung Rumah Pemberi Kenyamanan semoga bermanfaat.

Sumber: Cahyo M, Designer Interior dan Eksterior Keluarga

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas
Share